Gabung ! Bersama Kami... DPP PWOI | Tentang Kami | Kontak Kami | Sign Up | Sign In

Senin, 09 Februari 2015

52 Wartawan Lampung Jalani Uji Kompetensi

Bandar Lampung - 52 wartawan dari berbagai media mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Dijadwalkan berlangsung hingga besok, lokasi ujian mengambil tempat di Gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jl Ahmad Yani, Tanjung Karang, Bandar Lampung, Rabu 15 Oktober 2014.

"Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung dipercaya PWI Pusat untuk melakukan Uji Kompetensi. Hari ini yang akan mengikuti terdaftar 52 orang. Lebih banyak daripada yang diminta oleh PWI Pusat yakni 40 orang. 52 orang tersebut terdiri dari 35 orang untuk kategori muda, 11 orang untuk kategori madya dan 6 orang untuk kategori utama," papar Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian.

UKW menjadi ajang pensertifikasian wartawan. Sertifikasi sebagai wartawan menunjukkan tingkat profesionalitas seorang wartawan dalam melaksanakan tugas dan kewajiban seorang wartawan yang benar-benar wartawan.

UKW kali ini merupakan ke-8 yang dilakukan PWI Lampung. "Untuk Provinsi Lampung sendiri sudah hampir 400 orang wartawan yang pernah ikuti UKW. Hal ini disebabkan karena wartawan sudah menyadari arti pentingnya uji kompetensi," papar Supriyadi lagi.

Terlebih lagi untuk wilayah provinsi Lampung sendiri tingkat kebutuhan akan wartawan sangat tinggi penyerapannya. Sangat gampang untuk menjadi wartawan, tapi untuk menjadi wartawan yang profesional baik dari identitas dan kemampuan banyak tantangannya.

"Untuk di Lampung sendiri saja ada 33 surat kabar harian, 12 media online dan beberapa surat kabar mingguan. Ini masih belum lagi ditambah media televisi yang tetap saja membutuhkan wartawan untuk menyuplai berita," pungkasnya.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Direktur Kemitraan Komunikasi Ditjen IKP Dedet Surya Nandika. Turut hadir adalah Ketua Bidang Daerah PWI Pusat yang mewakili pengurus PWI Pusat Atal S Depari. Dia juga menjadi salah satu pengawas dan penguji dalam UKW kali ini. Selain itu hadir pula Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Rifki Wirawan yang mewakili Gubernur Lampung M Ridho Ficardo. Masih ditambah dengan para pimpinan berbagai media yang ada di Provinsi Lampung. (*)


Share this article now on :
 
PWO SULSEL | PWO BANDUNG | PWO BENGKULU | PWO SEMARANG | PWO BANTEN